Minggu, 19 Februari 2017

Toyota Avanza Transmover Sebagai Taksi MPV

Perkembangan industri otomotif tanah air pada tahun - tahun kebelakang semakin meningkat dan semakin beragam. PT Toyota Astra Motor menyiasati perkembangan tersebut dengan menghadirkan produk - produk mobil yang cocok untuk kebutuhan konsumen tanah air. Setelah menghadirkan produk mobil dengan tipe LCGC (Low Cost Green Car) berformat MPV (Multi Purpose Vehicle), pada akhir tahun lalu Toyota merilis mobil khusus untuk segmen taksi MPV dengan nama Transmover.

Mobil yang berbasis dari Toyota Avanza ini, berpenggerak roda belakang dengan mesin 1,3 liter disajikan dengan peranti yang sangat ekonomis. Toyota Avanza Transmover ini tidak dilengkapi dengan gril chrome dan foglamp, memiliki velg kaleng 16 inci tanpa dop, spion dengan pengaturan manual, doortrim berbahan plastik, dan penanggalan head unit.  Di bagasi, nama Avanza diganti dengan nama barunya yaitu Transmover.

Strategi pengembangan produk untuk kebutuhan taksi memang sudah dan masih digalakan oleh Toyota. Toyota masih meniagakan Limo, mobil sedan berbasis Toyota Vios yang khusus dijual untuk usaha taksi.

Dalam sebuah persentasi di Jakarta, Toyota mengatakan bahwa Toyota sengaja menghadirkan produk Transmover untuk menjawab trend pertumbuhan taksi yang memakai jenis mobil MPV. Apalagi dengan maraknya taksi berbasis online belakangan ini.

Pada portofolio Avanza belakangan ini, tipe trim E yang merupakan tipe trim Avanza palin bawah mengalami peningkatan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hal tersebut berarti bahwa adanya permintaan yang terus menerus akan model termurah dari jenis Low - MPV.

Hal tersebut mendasari Toyota untuk melahirkan produk khusus yang memiliki komposisi yang berbeda dari Avanza, sekalius memperluas portofolio produknya.

Mobil Avanza Transmover ini memiliki mesin 1.3 liter yang sesuai dengan regulasi pemerintah dalam peraturan Menteri Perhubungan No.32 tahun 2016 tentang Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek , pasal 18 ayat 2, diatur pelayanan angkutan sewa wajib menggunakan kendaraan penumpang umum minimal 1.300 centimeter cubic (cc).

Artinya mobil yang akan digunakan sebagai usaha taksi harus setidaknya memiliki mesin berkapasitas 1.300 cc. Dalam hal ini, Toyota Avanza Transmover sudah legal untuk digunakan sebagai taksi online.

Sebelum diluncurkannya Avanza Transmover, para penyedia jasa taksi online sempat mengeluhkan CAlya - Sigra yang merupakan kendaraan Low MPV dengan harga paling terjangkau untuk kelas Low - MPV. Pasalnya kapasitas mesin dari duo mobil LCGC ini hanya berkisar 1.2 liter saja, ini artinya mobil tersebut tidak cocok untuk dijadikan taksi online. 

Perkiraan harga dari mobil Toyota Avanza Transmover ini berkisar di antara 140 juta di Jakarta. Untuk di daerah lain akan dilakukan penyesuaian mengenai harga. Toyota Avanza Transmover tentu lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Avanza Tipe E dengan harga yang berkisar di 180 juta - an. Untuk itu bagi anda yang ingin menjalankan bisnis taksi online, maka beli mobil Toyota Transmover ini sangat menguntungkan dan cocok untuk anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar