Senin, 20 Maret 2017

Tidak Perlu Panik Jika Mobil Mogok, Lakukan 5 Hal Berikut Agar Mobil Normal Kembali

Beberapa hari lalu terdapat berita yang cukup menarik dari kunjungan Presiden RI Jokowi ke Kalimantan Barat. Presiden datang ke Kalbar untuk meresmikan beberapa proyek. Proyek yang diresmikan Jokowi salah satunya adalah 8 PLTG Power Plant 500 MW di Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah. 

Yang menarik adalah, mobil yang dinaiki Jokowi sempat mogok di perbatasan Kalimantan Barat saat beliau pulang dari restoran di Kawasan Kubu Raya. Mobil Mercedes yang biasa ditumpangi Jokowi berhenti dan menjadi perhatian warga sekitar. 

5 hal agar mobil mogok kembali lancar
Presiden Jokowi menaiki mobil Kepresidenan


Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Bey Machmudin mengatakan, mobil itu mogok setelah menempuh perjalanan 30 menit dari Mempawah. Tetapi, tak lama staf kepresidenan langsung membawa mobil pengganti berupa Toyota Alphard agar Presiden bisa langsung berangkat dari lokasi kejadian. 

Ternyata hal yang membuat mobil orang nomor satu RI mogok adalah karena bermasalah pada settingan gas yang menyebabkan laju kendaraan tidak bisa dalam keadaan normal. Kendaraan presiden yang merupakan orang nomor satu di Indonesia saja bisa mogok tiba - tiba, apalagi mobil yang biasa kita gunakan sehari - hari. 

Untuk itu jika anda mengalami kejadian seperti yang dialami Jokowi, jangan panik, tetap tenang dan pikirkan penyebab mobil mogok. Jika anda tidak mengerti mesin mobil, maka mintalah bantuan keluarga atau teman, atau orang sekitar yang sekiranya bisa membantu anda.

5 Hal agar mobil mogok kembali normal


Untuk mencari solusi mobil yang tiba-tiba mogok, anda juga harus mengetahui penyebab mobil anda tiba-tiba berhenti. Biasanya mobil mogok dikarenakan salah satu dari 5 kondisi di bawah ini:

1. Arus Listrik ke Terminal Plus Koil Turun

Kondisi ini biasanya terjadi jika mobil anda sudah lebih dari 5 tahun digunakan. Karena sudah berumur cukup lama, tegangan arus listrik ke terminal koil menjadi menurun drastis, sehingga pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik. 

5 hal agar mobil mogok normal kembali
Contoh mesin pengapian


Cara mendeteksi hal ini cukup mudah, anda tinggal memeriksa kabel distributor dan tempelkan ke bodi mobil kemudian starter mobil anda. Bila ada percikan api, maka arus listrik masih ada.

Jika tidak terdapat percikan api, maka arus listrik tidak ada, dan anda harus memeriksa sambungan kabel untuk memastikan apakah semua kabel tersambung dengan baik. Bila sambungan kabel tidak ada masalah, ada kemungkinan koil atau platina yang rusak atau kotor.

2. Arus Listrik Aki Lemah

Arus listrik pada aki bisa melemah karena beberapa hal yaitu kabel di terminal plus/minus aki kendur, alternator/dynamo ampere aus, atau aki yang sudah habis masa pakainya.

5 hal agar mobil mogok normal kembali
Aki Mobil

Periksalah pemasangan kabel di terminal aki. Bila kabel kendur, kencangkan. Bila kabel terlihat kotor karena debu bersihkan dahulu menggunakan amplas atau sikat gigi hingga bersih. 

Jangan lupa periksa air aki, jika volumenya kurang segera tambah air. Tetapi bila aki pada mobil memang sudah habis masa pakai, anda harus menggantinya.

3. Alternator Aus

Alternator berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Jika peranti ini rusak maka akan berakibat aki tidak memiliki cadangan listrik.
Biasanya masalah yang ada pada alternator adalah:
  • Gulungan Kawat Tembaga Putus
  • Diode putus
  • Kabel berkarat
5 hal agar mobil mogok kembali normal
Bagian - bagian pada Alternator 


4. Karburator Bermasalah

Biasanya, masalah karburator yang sering dialami oleh pengendara adalah semburan bahan bakar sedikit yang menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit dihidupkan. 

5 hal agar mobil mogok normal kembali
Bagian pada Karburator


Mendeteksi masalah tersebut cukup mudah, lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol. Jika bahan bakar masih mengalir maka karburator masih dalam keadaan baik, begitu pula sebaliknya.

5. Switcher Starter Aus

Peranti ini merupakan peranti yang sering terlupakan oleh pengendara mobil, padahal potensi kerusakannya cukup besar karena swithcer digunakan saat anda menstarter mobil ataupun mematikan mesin mobil. 

5 hal agar mobil anda normal kembali


Biasanya kerusakan terjadi pada kabel yang renggang dan logam kontaktor plus minus yang aus. Bila hal tersebut terjadi maka sebaiknya anda cepat - cepat menggantinya. 

Tetapi jika anda mengalami hal tersebut di lingkungan yang sepi, maka ada cara darurat untuk menyelesaikannya dengan menghubungkan kontaktor plus minus dengan peniti atau kawat tajam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar