Senin, 13 Maret 2017

Teknologi ICS Toyota Membuat Anda Jadi Mahir Parkir

Mungkin beberapa dari anda sudah mengetahui mengenai teknologi ICS karena teknologi ini memang sudah dikembangkan oleh Toyota sejak 2014 lalu. Tetapi, jika anda ingin mengenal lebih dalam lagi, simak uraian kami mengenai ICS.

toyota utama
Sistem ICS Toyota
ICS merupakan singkatan dari Intelligent Clearance Sonar. ICS sendiri diperkenalkan Toyota pada November 2014 lalu.

Teknologi ini bertujuan untuk:
Membantu dan memudahkan anda ketika akan memarkir mobil. Biasanya kendala dalam memarkir mobil adalah, sulitnya mengarahkan mobil ke posisi yang tepat, apalagi di tempat parkir yang ramai dan sempit.

toyota utama
Ramainya parkiran mobil
Parkir mobil yang ramai dan sempit bisa mengakibatkan kecelakaan, misalnya anda tidak sengaja menabrak pembatas parkir, atau tidak sengaja menabrak mobil lain/kendaraan lain yang ada di dekat anda.

toyota utama
Contoh mobil kesulitan saat parkir 
Tentu saja hal ini bisa merugikan anda dan orang - orang disekitar. Apalagi biasanya kesulitan saat parkir dialami bukan hanya oleh orang yang belum terbiasa mengendarai mobil (pemula) tapi juga oleh orang yang sudah memiliki jam terbang tinggi mengendarai mobil.

Kondisi parkiran juga kadang tidak bisa anda duga. Bisa jadi memang parkiran yang anda incar terlihat luas, tetapi jika anda kurang bisa untuk mengatur jarak dan arah mobil, kecelakaan parkir bisa terjadi.

Maka dari itu dengan teknologi ICS, Toyota ingin meminimalisir hal tersebut.

Lalu, bagaimana cara kerja sistem ICS ini?

Simpelnya, sistem ICS ini memakai sensor yang terpasang pada mobil, sehingga ketika mobil akan menabrak sesuatu (kendaraan lain atau pembatas parkir) maka mobil akan otomatis berhenti. 

toyota utama
Cara kerja sistem ICS
Dengan cara kerja tersebut, dipastikan mobil anda tidak akan menabrak mobil lain pada saat parkir. Selain itu, sistem ini juga bisa memandu arah setir anda ke arah yang pas.

Sistem ini lebih lengkap lagi dengan tambahan Panoramic Monitor.

Apa itu Panoramic Monitor?

Panoramic Monitor adalah sistem yang bisa membuat anda melihat sekeliling area disekitar mobil. Letak benda seperti pembatas parkir bisa anda cek tanpa harus melihat keluar. Sehingga anda bisa lebih nyaman dan bisa menentukan jarak yang pas untuk parkir mobil anda. 

Berikut penjelasan sistem ICS lewat Video dari ToyotaUK


Dari video tersebut dapat kita ambil bagaimana sistem ini bekerja,  dengan menggunakan sonar, ICS mendeteksi hambatan ketika mobil di gas secara mendadak karena salah menginjak pedal. Ketika sonar mendeteksi objek, meski pengemudi masih menginjak pedal gas dalam -dalam, mobil tetap bisa berhenti secara otomatis.

Toyota telah melakukan survei dari Januari 2015 sampai Juni 2016 di Jepang. Selama 18 bulan itu, sistem ini telah terbukti mengurangi kecelakaan yang melibatkan salah menginjak pedal serta kecelakaan akibat pengemudi tidak melihat hambatan di sekitar mobil saat hendak memundurkan mobil.

Mobil - mobil Toyota yang tercatat sudah memiliki sistem ini adalah Toyota Alphard, Vellfire, dan Prius.
toyota utama
Alphard 


(www.toyotautama.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar