Senin, 28 Agustus 2017

[Event] Keseruan Toyota di GIIAS 2017

Resmi Dibuka Menteri Perindustrian

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 resmi dibuka Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, tanggal 10 Agustus lalu. Kemunculan pria kelahiran Surabaya, sekaligus menggantikan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, yang berhalangan hadir karena urusan kenegaraan.
Dalam pidatonya, Airlangga mengungkapkan, industri otomotif merupakan tolok ukur perekonomian Indonesia. "Produksi otomotif meningkat, industri otomotif meningkat dan ini membuktikan daya beli masyarakat masih bertenaga, industri masih tumbuh dan ekonomi kita masih terjaga di level 5 persen. Maka, artinya ekonomi indonesia masih kuat," paparnya dalam pidato.

Menteri Perindustrian membuka GIIAS 2017

Dia juga mengungkapkan, ke depannya, industri otomotif harus lebih ramah lingkungan dengan target 25 persen kendaraan rendah emisi pada 2025. "(Pada 2025), Electric vehicle 400 ribu (unit) ditargetkan sudah bisa memasuki pasar di Indonesia," sebut Airlangga.

Pembukaan GIIAS 2017 juga dihadiri Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi. Dia menjelaskan, ajang ini merupakan bukti semangat dan langkah Gaikindo untuk membangun dan mengedepankan industri otomotif Indonesia.

Bersama sama meresmikan pembukaan GIIAS 2017

GIIAS 2017 memiliki tema "Rise of the Future Mobility", diramaikan 32 brand mobil dan 10 brand motor sebagai peserta pameran. Terhitung lebih dari 40 kendaraan anyar diluncurkan untuk menghangatkan pasar otomotif tanah air. Sebut saja Mitsubishi yang melakukan world premiere MPV gres, Xpander. Kemudian ada peluncuran dua mobil Toyota: Voxy dan C-HR. Mobil mewah juga tidak ketinggalan hadir, yang diwakili oleh perkenalan Mercedes-AMG GT R, BMW M3, Lexus NX 300 dan lain-lain.

Brand motor yang ikut serta seperti Vespa yang meluncurkan Sprint Sport Limited Edition, Harley-Davidson dengan jajaran kuda besi modifikasi, Suzuki yang menampilkan GSX-R versi balap dan masih banyak lagi.

Ramainya pembukaan GIIAS 2017

Di sana juga disediakan beragam kendaraan untuk dicoba langsung oleh pengunjung. Anda cukup siapkan SIM A untuk test drive mobil. Lokasi test drive berada di Outdoor Parking Area Hall 10 & Hall 5 Loading Dock. Pengunjung juga bisa melakukan sesi test ride dengan motor impiannya. Syaratnya harus memiliki SIM C, lalu tunjukkan di lokasi Test Ride yang berada di Loading Area Hall 3 & 3A.

Pameran kendaraan penumpang dan komersial terakbar ini berlangsung pada 10 - 20 Agustus 2017 di ICE BSD, Tangerang. Bila Anda tertarik mengunjunginya, penyelenggara mematok harga tiket masuk pameran Rp 50 ribu untuk Senin - Kamis dan Rp 70 ribu untuk Jumat - Minggu (termasuk libur nasional).

Komunitas Toyota Ramaikan GIIAS 2017

Lebih dari 100 anggota yang tergabung dalam Toyota Owner Club (TOC) berkumpul di Serpong, Rabu (9/8) dalam event bertajuk Toyota Regional Community Gathering 2017. Acara Toyota ini, diselenggarakan guna menjaga silaturahmi komunitas pengguna mobilnya yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

Toyota Regional Community hadiri GIIAS 2017
 Anggota yang berkumpul didatangkan Toyota dari seluruh Indonesia seperti Surabaya, Palembang, Makassar, Bali dan lainnya. Komunitas yang hadir, terdiri dari berbagai jenis mobil mulai dari TVCI (Toyota Vios Club Indonesia), AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club), ID42NER (Toyota Fortuner Club of Indonesia), Great Corolla Club dan ISC (Toyota Starlet Club).

Terdapat juga anggota komunitas TOC lainnya, seperti TAC (Toyota Agya Club), Velozity (Veloz Community), TSVC (Toyota Soluna Vios Club) dan TERUCI (Terios Rush Club Indonesia).
Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, pihaknya berusaha tetap menjalin silaturahmi yang baik dengan komunitas. Selain itu, dalam event ini Toyota juga mengajak para anggota komunitas TOC untuk melihat langsung booth Toyota yang ada di GIIAS 2017.

Salah satu penampilan Toyota di GIIAS 2017


"Kami dengan senang hati mengundang para komunitas Toyota dari berbagai wilayah di Indonesia untuk hadir dan memeriahkan GIIAS 2017. Sesuai semangat Let’s Go Beyond, komunitas merupakan salah satu bagian penting Toyota. Kemajuan kami tidak lepas dari peran serta komunitas yang selalu mendukung segala aktifitas Toyota," papar Fransiscus.

Selain menjadi ajang kumpul para pengguna Toyota dari seluruh Indonesia, acara Toyota Regional Community Gathering 2017 juga melaksanakan kegiatan sosial. Kali ini TOC berbagi kebahagiaan dengan memberikan donasi kepada Yayasan Sahabat Anak. Apalagi, kegiatan yang dilangsungkan juga masih dalam rangka Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli.



"Yayasan Sahabat Anak merupakan salah satu kontribusi komunitas untuk mendukung pengembangan talenta-talenta yang dimiliki oleh anak jalanan. Dalam rangka Hari Anak Nasional, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kami dalam memajukan perkembangan anak-anak Indonesia melalui anak-anak jalanan yang memiliki keinginan untuk maju dan bermanfaat bagi bangsa dan negara," jelas M. Fahrin Chariz, Ketua Umum ACT (Avanza Club Tegal).
Sebagai informasi, Yayasan Sahabat Anak adalah yayasan yang peduli terhadap pertumbu
han dan perkembangan anak-anak Indonesia. Melalui pendidikan serta memperjuangkan hak-hak anak-anak marjinal dan anak jalanan di Jakarta supaya mereka tidak terus hidup di jalan dan memiliki masa depan.

Toyota Owner Club berdiri sejak 2006. Toyota Owner Club merupakan salah satu komunitas terbesar di Indonesia yang anggotanya tersebar di seluruh wilayah Nisantara. Saat ini tercatat lebih dari 28.000 anggota di seluruh Indonesia dengan berbagai jenis dan variannya terdaftar di TOC.

Toyota Voxy Resmi Meluncur

Ini dia Toyota Voxy. Akhirnya, MPV pengganti Toyota NAV1, resmi diperkenalkan di arena GIIAS 2017 oleh Toyota Astra Motor (TAM). MPV modern berparas robotik, dijual dengan harga Rp 446 juta (OTR Jakarta).

Penampilan Toyota Voxy di GIIAS 2017


Mesinnya mengusung konfigurasi 4-silinder dengan kapasitas 2.0 liter, diimbuhi teknologi pengaturan pembakaran yang disebut Valvematic. Tidak seperti produk Toyota lain yang menggunakan Dual VVT-I.

Sebagai MPV yang tergolong mewah, Toyota Voxy menyuguhkan banyak fitur. Yang paling kasat mata dari luar, pintu geser elektriknya. Dengan pintu geser ini, akses ke baris kedua dan ketiga, tidak perlu diragukan kemudahannya. Selain itu, dashboard dual layer khas NAV1 (Voxy dan NAV1 adalah produk kembar) terlihat lebih modern. Luasnya dashboard tidak lantas mempersempit kabin berkat desainnya yang unik. Malah memberikan kesan lapang untuk penumpang depan.

Toyota Voxy tampak samping

Di bagian dashboard terpampang layar multimedia multifungsi dengan kemampuan konektivitas dan memutarkan fitur hiburan. Kami tertarik dengan penataan tombol pengaturan climate control di konsol tengah. Desainernya memusatkan penataan dalam bentuk lingkaran. Hal ini membuat dashboard terlihat rapi. Yang agak membosankan, justru tampilan instrument cluster. Tampak jelas memang, dari hadapan pengemudi, namun terlalu analog.

Fitur lain, tombol start-stop untuk menyalakan mesin, pengaturan pintu geser oleh pengemudi, cruise control dan juga setir yang sudah dilengkapi tombol pengaturan sistem hiburan.

Eksterior Toyota Voxy di GIIAS 2017

Kepraktisan kabin Voxy, didukung beberapa hal. Pertama, pengaturan kursi depan secara elektrik. Lalu ada jok baris kedua model captain seat, yang memberikan kesan nyaman, lega dan juga mewah. Dan jagan lupa, ada meja lipat untuk penumpang belakang yang duduk di sisi kiri. Bangku baris ketiga, bisa menampung dua orang dewasa plus satu anak. Jika tidak diperlukan, kursi bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Material yang digunakan lumayan bagus meski sepertinya masih bisa ditingkatkan. Bagian padded (empuk) tersebar di dashboard hingga door trim depan belakang. Sedang jok dibungkus bahan kombinasi kain dan kulit.

Beberapa pengunjung GIIAS 2017 melihat Toyota Voxy


Kehadiran Voxy diharapkan bisa menggairahkan kelas MPV medium berpintu geser. Selama ini, segmen itu didominasi Nissan Serena. Lawannya seperti Mazda Biante dan Toyota NAV1 tidak bisa berbicara banyak.



Toyota C-HR Tampil Perdana

Seperti sudah diperkirakan, Toyota Astra Motor memboyong kendaraan crossover Toyota C-HR ke GIIAS 2017 yang dilangsungkan sejak hari ini 10 Agustus lalu. Meski belum dijual, tapi ini adalah bentuk siap produksi yang akan dipasarkan.

Toyota C-HR tampil perdana di GIIAS 2017

Sebelum berlangsungnya GIIAS 2017, Henry Tanoto, Vice President Toyota Astra Motor menegaskan, pihaknya sedang melakukan studi untuk mobil ini. Studi, tentu saja dimaksudkan untuk mengetahui apakah pasar bisa menerimanya. Hasilnya? “Cukup positif,” kata Henry. Artinya, TAM segera memasarkannya. Kehadiran C-HR di ajang ini, juga dimaksudkan untuk menegaskan kembali seperti apa respons pengunjung.


Toyota C-HR dengan teknologi Hybrid

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiskus Soerjopranoto pun menjelaskan pada kami bahwa hari ini mobil itu belum bisa dibeli sepert layaknya Voxy.  "C-HR hanya untuk dipamerkan. Tapi TAM pasti akan memasarkan Toyota C-HR bermesin 1.5 liter hybrid," jelas pria yang akrab disapa Suryo di GIIAS. Seperti yang sudah pernah diberitakan, TAM akan memasarkan pesaing Honda HR-V ini paling lambat kuartal pertama 2018.

Tampak samping Toyota C-HR


Toyota Motor Manufaturing Indonesia (TMMIN) sebagai produsen mobil Toyota punya pusat perakitan mesin NR di Karawang. Dan mereka memproduksi mesin yang berkapasitas 1,5 liter untuk Yaris, Vios, Avanza dan Sienta.

Di bagian interior, C-HR punya desain yang modern dan unik. Terlihat betul, mobil ini ditujukan bagi mereka yang berjiwa dinamis. Lihat saja bentuk setir yang sporty dan dashboard yang terlihat asimetris. Tatanan tombolnya jelas sangat ergonomis, sehingga mudah dijangkau pengemudi.
Instrument Cluster lebih menarik ketimbang milik Toyota Voxy, yang juga diperkenalkan di GIIAS 2017 ini. Layar MID multi-warna dan interaktif di tengah, diapit speedometer dan tachometer.
Layar multimedia tampak berdiri tegak di tengah dashboard dan menjadi hal pertama yang Anda sadari kehadirannya. Tepat di bawahnya terdapat ventilasi AC dengan pengaturan climate control digital.



Baris kedua terlihat meyakinkan dengan jok yang tebal. Namun tebalnya jok, juga menghasilkan ruang kaki yang kurang bisa dibanggakan. Honda HR-V masih menjadi juaranya di bagian ini. Selain itu, atap yang melandai di bagian belakang menghasilkan ruang kepala yang biasa saja untuk mereka yang tingginya sekitar 165 cm. Masalah yang sama juga menghampiri kompetitornya, yang sama-sama menganut desain atap seperti ini.

Di luar kekurangan itu, C-HR, mobil yang menarik berkat desainnya yang unik dan kekinian. Kompetitornya perlu waspada kalau sampai mobil ini jadi dipasarkan. Apalagi gosipnya Toyota bakal melokalkan produksi C-HR di Karawang, Jawa Barat. 

Toyota Sienta Limited Dipamerkan di GIIAS 2017, Apa Perbedaannya?

Salah satu yang menarik dari booth Toyota Astra Motor, hadirnya kendaraan edisi khusus yang dibuat terbatas. Toyota Sienta, salah satu yang mendapat "kehormatan" untuk memiliki edisi khusus, yang dibuat hanya 30 unit.

Toyota Sienta Limited Edition



Perubahannya difokuskan pada bagian eksterior dan interior saja, dan menjadikan MPV pintu geser ini lebih macho dari versi biasa. Dengan mengambil basis Toyota Sienta Q, Anda mudah melihat perbedaannya, karena bentuk bumper depan yang lebih tegas dan dinamis. Aerokit di bumper depan tampak menjadi tambahan yang paling dominan, lengkap dengan lapisan krom yang menjadi bingkai rumah lampu kabut dan grille.

Toyota Sienta Limited tampak belakang

Aerokit juga tampak menghias bagian samping dan buritan. Penambahan ini, membuat Sienta tampak lebih berisi dan kokoh. Dan tidak lupa, di atas pintu bagasi terpampang rear spoiler agar mendapat kesan sporty. Sebagai tambahan, bersamaan dengan Sienta Limited ini, Toyota juga menambahkan warna baru bertajuk Red Mica Metallic.

Di bagian interior, tidak terlalu banyak perubahan memang. Tapi terasa signifikan. Ini karena Sienta Limited diberikan jok dengan material yang berbeda. Jok kulit dengan jahitan merah menjadi terasa menonjol. Sementara di bagian fitur kenyamanan tidak ada perubahan berarti.

Sienta Limited


Karena berbasis Sienta Q, maka Anda bisa menemukan interior dengan fitur hiburan dan kenyamanan yang lengkap seperti audio dengan layar sentuh berkemampuan Miracast, wifi, USB, Bluetooth. Selain itu, jangan lupakan pintu geser elektrik yang praktis, plus konfigurasi kursi yang fleksibel. Kemudahan mengatur kursi juga didukung sistem pelipatan bangku bernama Dive-in Seat di baris ketiga. Dengan metode pelipatan ini, maka bagasi bisa lebih luas.

Fitur keselamatan layaknya Sienta Q juga tidak berubah. Ada sepasang airbag di depan, plus airbag lutut untuk pengemudi dan penumpang depan. Tetap tidak ada curtain airbag, namun semua baris kursi punya seat belt tiga titik. Sebagai fitur keselamatan aktif, sudah ada ABS, EBD, serta penjaga kestabilan VSC (vehicle stability assist).

Di bagian mesin, tidak ada perubahan sama sekali untuk versi terbatas ini. Masih tetap mengusung 2NR-FE dengan konfigurasi empat silinder berkapasitas 1,5 liter, transmisi CVT yang halus untuk menyalurkan daya ke roda depan.

Oli Diesel Terbaru Toyota Diperkenalkan di GIIAS 2017

Beli mobil memang bukan sekadar jual beli yang selesai dalam hitungan menit. Penggunaan dan perawatannya bisa berjalan hingga puluhan tahun. Untuk itu, Toyota Astra Motor memperkenalkan oli mesin khusus kendaraan diesel Toyota di GIIAS 2017, bertajuk TMO Full Synthetic Formula, yang diklaim sebagai oli paling pas untuk mesin diesel Toyota.

Toyota Oli Diesel TMO Full Synthetic Formula

Ini karena TMO dikembangkan khusus untuk karakter dan kinerja mesin Toyota yang ada di pasaran. Hasilnya, mesin selalu berada dalam performa yang optimal.

Yang pasti, "Oli TMO ini didesain untuk mesin diesel modern. Tapi bukan berarti tidak bisa digunakan untuk mobil lama. Tergantung spesifikasi mesinnya. Di line up Toyota, oli ini bisa digunakan untuk Innova, Fortuner, Hilux, dan Hiace," kata Dadi Hendriadi, GM Aftersales Business Division, Toyota Astra Motor.

Khasiat oli ini antara lain perlindungan penuh komponen mesin, punya teknologi ACTIFILM Technology Double Protector (lapisan membran pelindung yang didesain khusus untuk mesin Toyota). Selain itu, TMO untuk mesin diesel ini juga diklaim memilik tingkat kestabilan pelumasan yang mumpuni dalam suhu ekstrem seperti saat musim dingin.

TMO untuk pertama kalinya diperkenalkan di GIIAS 2017

Bekerja sama dengan Pertamina, pelumas ini memiliki viskositas (tingkat kekentalan) 5W-30. Angka itu sengaja dicapai, karena itulah yang dibutuhkan mesin diesel Toyota. Sebagai acuan standar, TMO melihat kepada ACEA alias asosiasi manufaktur automobil Eropa. Kenapa? Karena sekarang ini kendaraan diesel banyak mengacu pada standar yang berlaku di Eropa.

Meski disebutkan oli ini hasil kerjasama Toyota-Pertamina, tapi bukan produk yang berbasis oli Pertamina. TMO juga digolongkan sebagai Toyota Genuine Part, alias suku cadang asli Toyota. Seperti kita tahu, Toyota sangat menganjurkan untuk selalu menggunakan suku cadang asli Toyota.
"TMO 5W-30 ini menjadi salah satu wujud komitmen Toyota untuk terus mengembangkan kualitas oli yang memenuhi standar dunia," ujar Widyawati, Executive GM, Toyota Astra Motor.

Untuk mendapatkan oli TMO, tentu saja Anda harus mampir ke bengkel resmi Toyota, atau outlet resmi. Harganya? Rp 140.000 per liter. Pihak TAM juga mengingatkan agar calon pembelinya berhati-hati terhadap produk palsu. Tertarik?

2 Kendaraan Niaga Baru Diperkenalkan Toyota di GIIAS 2017

Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan dua produknya di segmen komersial. Produk yang dimaksud, New Hiace Luxury dan New Toyota Dyna. Toyota Dyna, truk berkekuatan angkut 2 ton atau sering disebut truk engkel memikiki 6 line-up terbaru.


New Hiace Luxury

Varian baru Hiace, melengkapi jajaran yang sudah ada seperti 2.5 Standard, 2.5 Commuter dan yang terbaru 2.5 Luxury. Seperti namanya, Hiace 2.5 Luxury berpenampilan lebih mewah. Selain itu, kabinnya didesain lebih lega dan lebih menyenangkan. Mereka mengatakan, line up baru Hiace, menjawab keinginan pelanggan terhadap segmen commercial van yang lebih memanjakan mereka selama perjalanan.

New Hiace Luxury tampak samping


“New Hiace Luxury, bagian dari apresiasi sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam meningkatkan kinerja usaha mereka masing-masing. Sebagai mitra, kami berharap dengan dukungan performa New Hiace Luxury dan New Dyna yang lebih baik dan efisien, kinerja usaha pelanggan semakin menguntungkan,” kata Executive General Manager, PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto.
Sebagai kendaraan komersial, varian baru Hiace diharap dapat menunjang kegiatan usaha pelanggan terutama di sektor transportasi. Kendaraan ini dianggap andal untuk perjalanan jarak jauh, baik antarkota maupun untuk kebutuhan transportasi dalam kota.

New Toyota Dyna
Sementara untuk desain eksterior dan interior, Hiace Luxury dikembangkan dengan konsep kendaraan yang lebih mewah dan menyenangkan. Eksterior dirancang lebih menarik dengan chrome package pada bagian radiator grille, kaca spion dan tulisan emblem Luxury yang mencolok di bagian belakang.

Pelek menggunakan Alloy Wheel dan ban berukuran 195/R15 yang membuat penampilan mobil ini terlihat lebih gagah. Untuk memberikan kenyamanan lebih baik kepada penumpang, interior Hiace Luxury memiliki 11 kursi model Captain Seat yang dibalut kulit. Bangkunya juga dilengkapi Folding Table dengan Cup Holder.

Head Unit New Hiace Luxury, menggunakan Audio Video 6-inci yang lebih mewah dibanding varian yang lain serta bahan material lantai yang lebih berkualitas. Tidak kalah dengan passanger car, fitur keselamatan mobil ini juga dilengkapi Parking Sensor, sistem pengereman ABS, dan Dual SRS Airbags.

New Hiace Luxury yang diluncurkan di GIIAS 2017 ini tetap menggunakan mesin tipe 2KD-FTV Turbocharged 4-silinder yang sudah teruji kemampuannya. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 102 PS dan torsi maksimum 259,8 Nm. Hiace Luxury menggunakan transmisi manual 5-speed.

9 Hari, Penjualan Toyota Tembus 6.567 Unit

Toyota meraih penjualan positif di event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Hingga 18 Agustus atau tepatnya 9 hari sejak diselenggarakan, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil menjual 6.567 unit mobil.

Penampilan Toyota di GIIAS 2017


Hal ini diungkapkan Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto. Menurutnya, Toyota sebenarnya tidak menargetkan penjualan di GIIAS, tapi ternyata banyak masyarakat yang justru ingin membeli produk Toyota dalam pesta akbar otomotif terbesar di Tanah Air itu.

"Memang kami tidak memberikan target penjualan di GIIAS 2017 ini. Tapi tidak menutup kemungkinan adanya SPK (surat pemesanan kendaraan) selama pameran," papar Soerjopranoto saat ditemui di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Sabtu (19/8).






Toyota Sienta Ezzy

Pria yang kerap disapa Soerjo ini menyatakan, kontribusi terbesar didukung oleh laris manisnya Avanza. Produk di kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini laku terjual 1.863 unit. "Penjualan terbanyak masih Avanza 1.863 unit, lalu Calya 1.225 unit, Innova 891 unit, Fortuner 701 unit, untuk Sienta 484 unit, Agya 331 unit dan Voxy 361 unit," tambah Soerjo.

Voxy merupakan produk terbaru Toyota di Indonesia. Soerjo mengatakan, penjualan MPV mewah Toyota ini, melampaui target yang ditetapkan. Awalnya mobil ini ditargetkan terjual 100 hingga 150 unit perbulan. Sementara di ajang GIIAS 2017, hanya dalam waktu 9 hari sudah terjual 361 unit.


Avanza masih merajai penjualan Toyota
Selain Voxy, ada juga Fortuner TRD yang turut diperkenalkan Toyota dalam event ini. Varian anyar Fortuner ini terjual 266 unit. "Fortuner TRD yang baru kami luncurkan laku 266 unit, dan mobil special edition seperti Avanza limited sudah laku 81 unit dari 150 unit, Sienta limited 8 dari 30 unit, untuk special edition sold out. Kami kan bikin special edition Agya, Camry dan Corolla Altis untuk event ini," jelas Soerjo.


Fortuner TRD di GIIAS 2017

Di GIIAS 2017, Toyota menempati booth terluas dengan total luas 3.075 m2. Di booth tersebut Toyota memamerkan 28 mobil dan terbagi dalam berbagai konsep.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar