Minggu, 20 Agustus 2017

Kupas Tuntas Toyota Sienta Varian Tertinggi Sienta Q


Toyota Sienta Tipe Q
Toyota Sienta dipasarkan oleh Toyota Astra Motor, sebagai jembatan penghubung antara Toyota Avanza dengan Kijang Innova. Harganya pun persis di tengah Avanza termahal dan Innova termurah. Sekarang Sienta masih bermain sendirian, sejak Honda Freed stop beredar dan generasi barunya pun tak kunjung datang. Peluang yang terbilang menggiurkan bagi Toyota. Mengingat Sienta merupakan mobil yang cukup mengakomodir kebutuhan konsumen akan sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) keluarga.







Beberapa tipe dan warna Toyota Sienta

Toyota Indonesia sangat serius dalam memasarkan Sienta. Investasi besar dengan merakitnya secara lokal (Completely Knocked Down) pun dilakukan. Jumlah varian yan ditawarkan untuk konsumen juga sangat beragam. Total ada 7 varian dari 4 tipe utama, yaitu E, G, V dan Q. Ada pilihan transmisi manual 6-kecepatan dan CVT untuk tipe E, G dan V. Sedangkan tipe Q hanya tersedia CVT saja.




Nah, menarik bila menilik Sienta tipe Q. Sebagai varian tertinggi dari keluarga Sienta, tipe Q memiliki fitur paling lengkap dan tampilan berbeda. Dengan harga Rp 298,2 juta, apa saja sih yang ada di Sienta Q?


Toyota Sienta Q


Dimulai dari mekanisme penggeraknya terlebih dahulu. Mesin dan transmisi tidak berbeda pada seluruh varian Sienta. Menggendong mesin baru 2NR-FE 4-silinder 1,5-liter, DOHC, Dual VVT-i, tenaga dihasilkan sebesar 107 PS dan torsi maksimum 140 Nm. Khusus tipe Q hanya ada pilihan transmisi CVT saja. Transmisi sabuk baja ini memiliki 7 tingkat kecepatan yang perpindahannya dapat dilakukan secara manual melalui tuas atau disebut sport sequential shiftmatic.



Penampakan mesin Dual VVT-i Sienta Q

Tampilan Sienta Q, tampak lebih sporty dari penyematan body kit mulai dari spoiler depan, side skirt sampai bemper belakang. Lampu utama berteknologi Bi-Beam LED dengan moel projector yang dilengkapi LED clearance lamp dan auto leveling. Lampu belakang juga sudah mengadopsi LED plus LED line guide sebagai pemanis. Selebihnya banyak kesamaan fitur antara Sienta tipe Q dan V. Seperti pelek alloy 16”, auto retractable mirror, interior warna dark brown atau fromage dan sistem audio monitor layar sentuh 7” yang juga ada di tipe G.



Ada beberapa titik pembeda utama antara tipe Q dengan varian lainnya. Saat mengemudikan Sienta Q, terpampang jelas panel meter lebih canggih dengan pendaran cahaya optitron. Ditengahnya tersemat layar TFT 4,2” sebagai Multi Information Display (MID). Fitur keselamatan pun juga lebih unggul dengan adanya Vehicle Stability Control (VSC) agar mobil tidak mudah tergelincir di jalanan licin dan Hill Start Assist (HSA) yang sangat membantu di tanjakan.



Tampilan dashboard Toyota Sienta Q

Selebihnya, Toyota Sienta merupakan MPV keluarga yang menawarkan kenyamanan dan aura premium lebih baik dari mobil sekelas Low MPV. Ukuran kabin memang tidak terlampu besar, tapi tetap mampu menampung 7 orang dewasa. Saat kursi baris ketiga tidak dibutuhkan, dapat dilipat dengan cara yang unik. Proses pelipatan disebut dive-in dengan cara memasukkan kursi baris ketiga ke bawah kursi baris kedua.



Dive in Toyota Sienta

Akses penumpang pun sangat mudah berkat power sliding door yang sudah standar mulai dari Sienta tipe G. Fitur keselamatan standar juga sangat memadai. Sebut saya dual airbag ditambah airbag untuk lutut pengemudi, Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Sliding door Sienta
 
Dengan harga tidak sampai Rp 300 juta, Toyota Sienta Q memiliki value for money yang terbilang bagus jika melihat fitur di dalamnya. Pilihan mobil menarik, bagi Anda yang ingin naik kelas dari Low MPV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar