Senin, 04 September 2017

Perbandingan Toyota Sienta G dan Avanza Veloz, Pilih Mana?

Toyota Sienta G



Toyota Veloz 1.5
Keduanya tidak bisa dibandingkan secara fair. Namun, jadi pilihan menarik jika Anda mencari mobil keluarga baru. Veloz, varian tertinggi Toyota Avanza, notabene masih masuk dalam segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Sedang Sienta, model pengisi celah dan sebagai jembatan penghubung antara Avanza dengan Kijang Innova. Sienta, MPV berpintu geser yang seharusnya berada satu kelas dengan Honda Freed. Setelah Freed discontinued, Sienta asyik sendirian di segmen tanggung ini.

Menjadi menarik jika ada kebimbangan antara memilih Veloz atau Sienta. Agar lebih setara, pertimbangkan Veloz 1.5 sebagai varian tertinggi dan Sienta tipe G agar perbedaan harganya tidak terlampau jauh. Toyota Grand New Veloz transmisi manual dilabeli harga Rp 224,7 juta dan transmisi matik Rp 236,5 juta. Untuk Sienta G, transmisi manual dihargai Rp 245,7 dan otomatis Rp 263,7 juta. Ada selisih hampir Rp 30 juta yang dapat menipis tergantung promo menarik masing-masing diler.

Pilihan warna Grand New Veloz


Perlu diingat, Veloz tetaplah Avanza yang ditambahkan sedikit kemewahan. Desain eksterior dibedakan dari bemper, grille, lampu projector, aero kit dan pelek 15-inci. Interiornya bernuansa gelap dengan sistem audio baru berupa monitor touch screen 6,3-inci. Lingkar kemudi dibalut kulit dan terdapat tombol audio di sisi kiri. Fitur keselamatan dan keamanan jelas menjadi yang terlengkap. Sebut saja dual SRS airbag, ABS, immobilizer dan alarm.

Interior Veloz

Sienta G, varian menengah di bawah tipe V dan Q. Tampilan luarnya bisa dikenali dari pelek 15-inci dilabur warna silver, bukan 16-inci polished seperti V dan Q. Lampu utama sudah projector tapi belum bi-beam alias halogen biasa. Fitur yang sama dengan varian atasnya seperti electric sliding door, monitor layar sentuh 7-inci, dual airbag+knee airbag, ABS+EBD dan sistem pelipatan kursi dive-in seat. Yang pasti, Sienta tipe G tanpa ada fitur combination meter berpendar optitron, tombol start/stop, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA), yang ada di tipe Q.

Eksterior Sienta G

Toyota Sienta memberikan kenyamanan berkendara lebih baik berkat penerapan sasis monokok. Kabinnya pun lebih luas dengan beragam konfigurasi kursi yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Pintu geser mempermudah akses keluar-masuk penumpang di celah sempit. Dan paling mentereng dari Sienta, desainnya yang atraktif cenderung unik.

Interior Toyota Sienta G

Satu bagian sama di antara dua MPV andalan Toyota Indonesia, ada pada mesin. Sama-sama menggunakan mesin baru 2NR-FE 1,5-liter yang diberi teknologi dual VVT-i. Output tercipta sebesar 107 PS dan torsi 140 Nm. Tapi keduanya dibedakan dari penyalur tenaga dan roda yang menggerakkan. Veloz menganut penggerak roda belakang (RWD) yang disalurkan ke transmisi manual 5-percepatan atau otomatis konvensional 4-percepatan. Sienta selangkah lebih maju dengan transmisi manual 6-percepatan dan CVT 7-percepatan plus mode sequential shiftmatic.

Jadi, pilih yang mana? Jika lebih berfungsi sebagai sarana transportasi keluarga Anda, pilih Sienta karena menawarkan kenyamanan lebih baik. Namun jika memerlukan mobil dengan durabilitas tinggi untuk pemakaian berat sehari-hari, Veloz jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar