All New Toyota Agya |
1. Mesin Baru 1,0 liter VVT-I dan 1,2 liter Dual VVT-I
Toyota Agya baru sudah tersedia dalam pilihan mesin 1,2 liter dual VVT-I. Mesin yang juga dipakai Calya, menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 107,8 Nm pada 4.200 rpm. Performa yang jauh lebih baik dari mesin 1,0 liter sebelumnya, karena memiliki kapasitas yang lebih besar. Selain itu, mesin 1,2 liter Agya, juga sudah menganut teknologi Dual VVT-I yang mengatur penyesuaian waktu pada camshaft intake dan exhasut per dua katup. Hasilnya, Agya 1.2 bertransmisi manual lebih cepat 2,5 detik saat berakselerasi 0-100 kpj dibanding Agya 1.0 lama bertransmisi yang sama.
Mesin terbaru Agya |
2. Kabin Hening
Kabin Agya facelift juga mendapat perubahan signifikan. Bukan pada tata letak tombol ataupun layout dashboard, melainkan pada kualitas kesenyapan kabin. Ruang dalam yang lebih hening menambah kenyamanan penumpang. Pada Agya baru, Toyota menambah insulator atau peredam suara di balik dashboard (firewall) dan di balik kap mesin. Mereka juga mengganti material plafon. Jadi pas hujan, suara tetesan air yang jatuh di atap tak seberisik sebelumnya.
Kabin Agya yang luas dan nyaman |
Menurut Toyota, saat melaju pada 80 kpj di gigi ke-4, kabin Agya 1.2 lebih hening 2,1 db dibanding Agya lama. Bahkan Agya 1.0 masih lebih hening sekitar 1,2 db saat melaju pada kecepatan yang sama dibanding Agya 1.0 sebelumnya. Penambahan peredaman, sukses mereduksi suara mesin saat idle. Agya 1.0 lebih kedap dengan noise level di kisaran 45 db dari sebelumnya 48,6 db.
3. Getaran Kabin Lebih Halus
Getaran mesin Agya baru pun lebih halus. Ini bukan hanya dialami pada Agya 1.2, tapi juga Agya 1.0. Ternyata Toyota mengganti rubber engine mounting dengan yang lebih berkualitas. Khusus untuk Agya bertransmisi manual, mereka melakukan penyesuaian pada transmisi. Penyaluran tenaga yang lebih mulus saat perpindahan gigi, membuat getaran di dalam kabin jadi terasa lebih halus.
4. Suspensi Lebih Stabil
Suspensi Agya juga direvisi. Mobil terasa lebih stabil, terutama saat menikung. Usut punya usut, ternyata para insinyur Toyota menyetel ulang setelan suspensi Agya menjadi sedikit lebih keras. Mereka juga melengkapi Agya dengan stabilizer yang menghubungkan suspensi belakang sebelah kiri dengan kanan. Efek limbung berkurang, tapi bantingan suspensi belakang jadi sedikit lebih keras.
New Agya semakin stabil dan nyaman |
5. Electric Power Steering
Bobot kemudi Agya baru pun terasa lebih ringan dibanding sebelumnya. Toyota melakukan penyesuaian pada Electronic Control Unit (ECU) untuk Electric Power Steering dan pada steering rack.
6. Drive by Wire
Teknologi Drive by Wire membuat penyaluran tenaga Agya terasa sedikit lebih halus. Respons pedal gas diproses oleh ECU terlebih dahulu, untuk mengurangi efek mengentak saat berakselerasi tiba-tiba.
Teknologi terbaru melengkapi Agya |
7. Fitur Keselamatan ABS dan Airbags
Salah satu keunggulan Toyota Indonesia, selain jaringan dilernya yang paling banyak, hampir semua mobil terbarunya sudah diberi fitur keselamatan rem ABS (Anti-lock Braking System) dan dual SRS Airbags. Masalahnya, masih ada beberapa kompetitornya yang menanggalkan fitur keselamatan yang seharusnya menjadi fitur wajib ada pada setiap mobil ini. Daihatsu Ayla, Datsun Go dan Suzuki Karimun Wagon R, misalnya, rela melepas peranti keselamatan tersebut demi harga jual yang lebih murah.
Dual SRS Airbag di semua tipe All New Agya |
8. Power Window dan Central Lock
Di era modern seperti ini, agak aneh kalau masih ada saja mobil yang tak melengkapi dirinya dengan central lock dan power window. Tapi masih ada saja mobil baru yang dijual tanpa fitur untuk mengatur naik-turun seluruh kaca jendela dan membuka atau mengunci seluruh pintu yang terpusat di dekat kursi pengemudi ini. Datsun Go, cuma menyediakan satu tuas pengaturan naik-turun jendela khusus pengemudi saja. Jendela penumpang depan memang sudah power window, tapi hanya bisa diakses penumpang depan. Bahkan kaca jendela pintu belakang masih harus memakai tuas putar.
Interior Agya |
9. Tersedia Pilihan Transmisi Otomatis
Pilihan transmisi otomatis memang bukan sesuatu yang istimewa. Tapi sekali lagi, masih ada beberapa rival yang tak menawarkan pilihan transmisi otomatis. Pilihan transmisi otomatis menjadi keunggulan Agya. dibanding beberapa kompetitornya. Contoh, Datsun Go yang hanya dijual dalam transmisi manual saja. Suzuki setidaknya menjual Karimun Wagon R dalam pilihan transmisi Automated Manual Transmission (AMT). Transmisi manual yang pedal koplingnya dioperasikan secara otomatis oleh komputer.
Untuk harga dan pemesanan, kunjungi link di bawah ini
www.toyotautama.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar