Rabu, 24 Mei 2017

Kupas Tuntas New Agya 2017

New Agya baru saja diluncurkan pada awal bulan lalu tepatnya pada hari Jumat, 07 April 2017 di Jakarta. Sebelumnya, produk LCGC ini memang sudah cukup diminati oleh masyarakat tanah air, dibuktikan dengan angka penjualannya yang cukup memuaskan.

dealer toyota di bandung toyota utama


Salah satu alasan mengapa Agya cocok untuk masyarakat Indonesia adalah, karena Agya merupakan mobil LCGC sehingga harganya tergolong relatif murah, kabinnya luas dan nyaman, serta performa gesit untuk dibawa berkeliling di kota bersama keluarga.

dealer toyota di bandung toyota utama


Sebelumnya, Agya memang memiliki pasar untuk kalangan keluarga muda yang aktif berkendara dan bepergian, tetapi untuk Agya baru 2017, segmen pasar Agya bergeser ke kalangan anak muda yang aktif, sporty, dan stylish.

dealer toyota di bandung toyota utama



New Agya 2017 diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia lewat sebuah acara khusus dari Toyota Astra Motor. Agya disambut hangat oleh media dan juga komunitas Toyota Agya Club (TAC) dengan acara yang bertema "Have fun go max with New Agya".

dealer toyota di bandung toyota utama



Acara tersebut dikemas bernuansa fun dan semeriah mungkin sesuai dengan tema desain New Agya. Menurut Lukman Hakim selaku ketua umum TAC, acara ini juga menjadi ajang berkumpul pada anggota komunitas TAC yang penasaran dengan desain dan spesifikasi dari New Agya 2017.

Acara tersebut juga didukung oleh Auto2000 yang memberi persentasi mengenai perubahan apa saja yang terdapat pada New Agya 2017. Para anggota komunitas juga diberikan sesi tanya jawab sehingga mereka bisa lebih mengerti mengenai spesifikasi baru Agya.

Tak hanya dihadiri oleh member TAC, komunitas otomotif dengan segmen sama dari merek lain juga bergabung dalam acara ini, seperti komunitas Wagon R Indonesia dan komunitas Datsun Go. Meski berbeda seragam tetapi semuanya berbaur untuk menikmati acara yang disajikan.

Toyota New Agya 2017 juga diklaim lebih nyaman pada acara Toyota Agya Journalist Test Drive. Salah satu jurnalis yang mengikuti acara tersebut adalah jurnalis dari Oto.com, ia membeberkan rahasia New Agya menjadi lebih nyaman dari sebelumnya.

dealer toyota di bandung toyota utama


Pengujian dilakukan di Kota Bandung pada tanggal 12 -13 Mei 2017. Peningkatan langsung dirasakan saat ia memasuki kabin New Agya. Tidak lagi terdengar noise atau suara yang mengganggu dari luar. Kabin New Agya lebih senyap sehingga membuat penumpang lebih nyaman berada di dalamya. 

Hal tersebut dikarenakan Toyota memasang insulator atau peredam suara di balik kap mesinnya. Toyota juga menanam peredam di balik dashboard. Tak lupa juga kualitas bahan plafon ditingkatkan sehingga ketika hujan, suara tetesan air di atas plafon tidak akan mengganggu penumpang.

dealer toyota di bandung toyota utama


Peningkatan juga terjadi pada bagian getaran mesinnya. Pada New Agya 2017 ini, getaran mesin menjadi lebih halus karena Toyota meningkatkan kualitas Rubber Engine Mounting-nya. Untuk New Agya dengan tipe manual, terdapat penyesuaian pada transmisinya sehingga saat gigi berpindah, getaran yang ditimbulkan lebih halus dibanding sebelumnya.

dealer toyota di bandung toyota utama



Saat mobil berjalan, mobil terasa lebih mantap dan stabil karena terdapat stabilizer  yang menghubungkan suspensi belakang bagian kiri dan kanan. Toyota juga menyetel ulang suspensinya sehingga bantingan suspensi belakangnya menjadi sedikit lebih keras.

Untuk kemudinya, New Agya terasa lebih ringan sehingga lebih memudahkan saat hendak parkir, tetapi bobotnya tidak seringan kompetitor sehingga masih terasa mantap saat berpacu dengan kecepatan tinggi. ECU untuk electric power steering juga diubah dan disesuaikan pada Steering Rack.

Technologi drive by wire yang digunakan membuat penyaluran tenaga menjadi lebih halus. Jadi, respons pedal gas diproses oleh ECU terlebih dahulu untuk mengurangi efek mengentak saat berakselerasi tiba-tiba.

dealer toyota di bandung toyota utama

Toyota Agya Facelift ini memiliki 3 tipe yaitu: G, E, dan TRD Sportivo. Untuk tipe G tersedia dalam pilihan mesin 1.0 liter dan 1.2 liter. Tipe terendahnya E hanya tersedia mesin 1.0 liter. Sementara itu tipe tertinggi TRD Sportivo hanya ada pilihan mesin 1.2 liter saja. Pembeli bebas memilih transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed untuk seluruh tipe, kecuali tipe E yang tidak menyediakan pilihan transmisi otomatis.

dealer toyota di bandung toyota utama

Mesin 3 silinder 1.0 liter Agya terbaru, kini sudah dilengkapi teknologi VVT-i yang bertugas mengoptimalkan kinerja mesin. Tenaganya 67 PS pada 6000 rpm dengan torsi puncak 89 Nm pada 4.400 rpm. Sementara 1.2 liter yang baru memakai mesin yang sama dengan mesin yang dipakai Toyota Calya. Berteknologi Dual VVT-i bertenaga 88 PS pada 6000 rpm dengan torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm.

Agya 1.0 E M/T yang dijual seharga Rp 127,6 juta adalah tipe termurah. Dari luar, mobil ini tidak banyak perbedaannya dibandingkan tipe G yang lebih mahal. Meskipun yang paling murah, tapi tipe ini sudah pakai smoked projector headlamp dengan LED light guide. Grille berlapis chrome, velg alloy 14 inchi, lampu belakang kombinasi, dan bumper yang sama dengan tipe G.

Bedanya, tipe termurah ini tak dilengkapi foglamp, spoiler belakang, dan wiper belakang. selain itu, Agya tipe ini belum dilengkapi spion sewarna body yang sudah dilengkapi  lampu sein. Sebagai tambahan di bodi samping terdapat body moulding krom untuk tipe G.

Di bagian dalamnya terdapat fitur hiburan Audio 2-Din, power window dan power lock door. Fitur keselematannya pun lengkap yaitu dual SRS Airbag, sandaran kepala dan sabuk pengaman 3 titik di bangku belakang, kursi ISOFIX, hingga indikator pengingat bila sabuk pengaman belum terpasang.

Pada bagian interiornya, yang membedakan Agya tipe termurah dengan tipe G hanyalah terdapat pada ornamen krom pada AC register, pinggiran cluster meter, knob tuas transmisi, pegangan rem tangan, dan pada handle pintu bagian dalam. Tipe G juga punya ornamen plastik berwarna silver pada lingkar kemudi, dashboard, dan konsol tengah.

dealer toyota di bandung toyota utama

Fitur lain yang dimiliki Agya tipe G namun tak dimiliki tipe E adalah kunci remote dengan immobilizer, sensor parkir, alarm, intermitten front wiper, dan 4 buah speaker. Tipe E hanya pakai 2 speaker di depan, bahan jok yang dipakai tipe G juga lebih lembut dibandingkan tipe E.

Agya G bermesin 1.2 liter beda lagi, mobil ini memiliki semua yang dimiliki oleh Agya G 1.0 dengan tambahan desain velg two tone, tombol audio di lingkar kemudi, tray di bagasi, side visor, garnish di lampu belakang, dan tambahan fitur konektivitas bluetooth di head unitnya, dan tentu saja mesin 1.2 liter yang baru.


dealer toyota di bandung toyota utama

Perbedaan yang paking jelas bisa dilihat pada tipe Agya TRD Sportivo. Tipe termahal dari Agya facelift ini memakai desain bumper depan dan belakang yang berbeda dari tipe yang lain. Ada juga side skirt, sporty side body moulding, TRD spoiler, TRD sticker, dan TRd Emblem. Pada bagian dalamnya hampir sama dengan tipe Agya 1.2 liter G. Satu keunggulan yang dimiliki Agya TRD Sportivo adalah rem ABS yang tidak terdapat pada tipe lain.


Daftar Harga New Agya Facelift di Toyota Utama


  1. New Agya 1.0 G M/T140.050.000
  2. New Agya 1.2 G M/T143.150.000
  3. New Agya 1.2 G M/T TRD147.350.000
  4. New Agya 1.2 G A/T156.150.000
  5. New Agya 1.2 G A/T TRD160.450.000   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar