Rabu, 07 Juni 2017

Adu Fungsional 3 MPV Toyota, Yang Mana Yang Terbaik?

Toyota terkenal lantaran keanekaragaman produk mobil keluarga. Mulai dari segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV), SUV 7-seater hingga MPV mewah semacam Alphard.

Keberagaman ini bisa menjadi pilihan menarik sekaligus membingungkan bagi calon konsumen. Perlu banyak pertimbangan sebelum menentukan pilihan untuk membeli model yang mana. Bisa dari kondisi jalan sehari-hari yang dilewati, apakah cenderung jalan aspal mulus atau lebih sering melewati jalanan rusak. Atau juga kondisi jalan yang kerap tergenang banjir saat hujan lebat melanda.

Fitur turut menjadi pertimbangan lain terutama bagi Anda yang menginginkan hiburan, kenyamanan maupun keamanan saat berkendara. Karena satu model Toyota sendiri, terdiri dari banyak varian yang menawarkan fitur berbeda.


Faktor penentu pembelian yang teramat penting tentu soal harga. Jelas, pilihan model yang sesuai dana dimiliki, merupakan keputusan paling bijaksana. Namun bagaimana bila ada beberapa model menarik yang berada dalam rentang harga tidak terpaut banyak. Seperti kami contohkan antara, Toyota Sienta E CVT, Grand New Veloz 1.5 A/T dan Rush G A/T. Komparasi ini bukan untuk mencari mana yang terbaik di antara ketiganya, melainkan mana yang sesuai kebutuhan Anda.


dealer toyota di bandung
Toyoa Sienta E CVT
 
dealer toyota di bandung
Grand New Veloz 1.5


 
dealer toyota bandung
Rush G A/T


DESAIN DAN DIMENSI

Sebagai sebuah SUV, Toyota Rush tampil dengan desain gagah dan memiliki dimensi lebih besar dari Sienta dan Veloz. Ground clearance setinggi 200 mm, ternyata sama dengan Veloz. Bukan berarti karena keduanya saling berbagi satu platform, seharusnya Rush mampu lebih tinggi karena menggunakan ukuran roda lebih besar.

dealer toyota bandung toyota utama
Veloz Eksterior


dealer toyota bandung toyota utama
Toyota Rush G Eksterior


 Sama juga seperti Veloz, konstruksi bodi menganut body on frame berpenggerak roda belakang (RWD), tidak seperti Sienta yang lebih nyaman berkat adopsi sasis monokok dan penggerak roda depan (FWD). Sienta tipe E merupakan varian terendah, oleh karena itu tampilannya sangatlah standar tanpa banyak hiasan mewah.

dealer toyota bandung toyota utama
Sienta




PERFORMA

Soal performa, ketiganya tergolong berimbang karena memiliki kapasitas mesin sama. Hanya saja, teknologi yang diusung oleh Rush sudah tertinggal dari Sienta dan Veloz. Rush masih ditenagai mesin 3SZ-VE 1,5-liter dengan teknologi katup VVT-i.

www.toyotautama.com
Mesin Toyota Rush G
 
Sementara Veloz sudah menanggalkan mesin tersebut dan beralih ke mesin baru 2NR-FE 1,5-liter Dual VVT-i.

www.toyotautama.com
Mesin Veloz

 Jika Rush dan Veloz masih dipasangkan dengan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan. Sienta lebih maju dengan CVT 7-percepatan yang sangat halus. Perpaduan mesin 2NR-FE dan CVT lebih mengedepankan efisiensi bahan bakar ketimbang teknologi terdahulu. Karakternya pun dapat dikatakan berbeda dengan mesin 3SZ-VE. Mesin lawas terasa lebih bertenaga di putaran atas, sementara mesin baru memiliki rentang lebih luas namun lebih lemah di tiap putaran.

www.toyotautama.com
Mesin Toyota Sienta



FITUR DAN HARGA

Veloz menjadi pilihan termurah dengan harga Rp 236 juta untuk varian tertinggi 1.5 A/T. Tapi bukan berarti menjadi terlengkap soal fitur, karena Veloz hanyalah trim paling tinggi dari LMPV Toyota Avanza. Kelengkapannya mengalami kemajuan signifikan dari Veloz generasi terdahulu. Setidaknya dari sisi fitur keamanan dan kenyamanan.   

www.toyotautama.com
Fitur Veloz

Sedang untuk Sienta dan Rush hanya mendapatkan varian termurah dengan transmisi otomatis.

www.toyotautama.com
Fitur Sienta


Sienta tipe E CVT seharga Rp 251,2 juta tetap paling baik dari sisi fitur keamanan seperti ada knee airbag dan rem ABS+EBD+BA.
Sementara Rush tipe G matik ditawarkan dengan harga Rp 249,4 juta.

www.toyotautama.com
Fitur Rush



KESIMPULAN
Memang tidak sebanding karena masing-masing memiliki target dan segmen pasar tersendiri. Balik lagi ke kebutuhan Anda yang sedang mencari mobil keluarga dengan dana maksimal Rp 250 jutaan. Jika mementingkan kenyamanan dan fleksibilitas kabin, pilih Sienta saja. Walaupun dapat trim termurah, kelengkapan fitur keamanan tidak disunat habis dan masih mendapatkan mobil yang nyaman. Kabinnya cukup untuk menampung 7 orang dewasa dan pintu model geser layaknya MPV keluarga sejati.


www.toyotautama.com
Toyota Sienta paling Ideal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar