Toyota Kijang Innova |
Peralihan teknologi terjadi di era Kijang Innova generasi pertama di 2004. Teknologi commonrail dan turbocharger, jadi kunci atas performa diesel dan kehalusan yang jauh lebih baik. Kualitas solar pun meningkat, seiring kian banyak mobil bermesin tanpa busi ini. Mesin 2KD-FTV 2,5 liter telah mendapat tempat di hati para penggemar diesel. Mesin ini lebih irit bahan bakar dan bertenaga dibandingkan mesin bensin 1TR-FE 2,0 liter. Daya tahannya teruji selama satu dekade belakangan. Performanya pun mudah ditingkatkan hingga di luar batas kewajaran. Anda dapat menemui banyak Innova diesel yang turun di ajang drag race melawan mobil sport sekalipun.
All New Toyota Kijang Innova |
Apalagi tidak ada perubahan berarti dari Innova varian bermesin bensin. Masih setia dengan 1TR-FE 4-silinder 2,0-liter yang terkenal boros. Ditingkatkan sedikit dengan ditambah teknologi Dual VVT-i, namun perubahannya tidaklah banyak. Output mesin sudah kalah dari diesel, 139 PS dan 183 Nm. Saat kami uji beberapa waktu yang lalu, konsumsi bahan bakar paling irit Innova 2.0 V transmisi manual hanya didapat 11,6 km/liter. Hasil itu didapat dari pengujian di tol dengan kecepatan rata-rata 62 km/jam dan pakai bensin RON 90. Versi matik bisa saja lebih boros.
Kijang Innova Tipe Q |
Diesel modern memiliki suara dan getaran jauh lebih halus dari diesel jadul. Gemeretak saat langsam tetap khas diesel pada umumnya. Tapi ketika sudah berjalan, hampir tak berbeda dengan mesin bensin. Dibutuhkan pula kualitas solar yang bagus agar sistem injeksi berbagai filter yang ada tidak mudah tersumbat.
Sedangkan mesin bensin 1TR-FE masih menyajikan karakteristik Kijang lawas. Mulai dari saat mesin menyala, suara bukaan throttle body, isapan air intake hingga akselerasi tak berubah banyak. Hanya saja segalanya dibuat semakin nyaman dan dilengkapi berbagai macam fitur terbaru. Lantas, pilih Innova bensin atau diesel?
Versi diesel menawarkan performa mumpuni yang lebih mengasyikkan ketimbang bensin. Tidak terasa tarikan berat atau “ngos-ngosan” terutama ketika sedang di jalanan luar kota.
Pilihan aman, pilih saja Innova bensin. Mesin lawas yang sudah ada sejak lebih dari 10 tahun, belum mengalami perkembangan pesat dari sisi teknologi. Rekam jejaknya juga bersih tanpa pernah terdengar permasalahan yang ada. Mesin ini sangat kuat dan bandel dipakai ratusan ribu kilometer. Perawatannya tergolong mudah dan murah dengan suku cadang berlimpah ruah. Konsekuensinya, hanya soal performa lemah dan konsumsi BBM boros saja.
Kijang Innova G |
Toyota Innova dengan mesin bensin atau diesel bisa anda dapatkan di dealer Toyota Bandung, Toyota Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar