Minggu, 16 Juli 2017

Toyota Camry VS Honda Accord, Mana yang Lebih Unggul?

 
www.toyotautama.com

Populasi mereka tidak sebanyak SUV. Apalagi MPV. Namun, sedan masih merupakan produk yang penting bagi manufaktur, khususnya Jepang di Indonesia. Honda dan Toyota, keduanya masih bersaing memperebutkan pasar sedan kecil dan menengah. Honda dengan City, Civic dan Accord. Sementara Toyota dengan Vios, Corolla Altis dan Camry. Entah sejak kapan keduanya menjadi rival, tak hanya di Indonesia namun secara global.

Kali ini, kita lihat perbandingan antara sedan paling besar dari masing-masing manufaktur, Honda Accord melawan Toyota Camry. Keduanya punya pasar masing-masing di Indonesia meski populasinya agak eksklusif. Seperti apa nilai jual yang ditawarkan masing-masing peserta? Yuk lihat komparasi Honda Accord vs Toyota Camry berikut.

HARGA Memang harga dan nilai atau value dari mobil juga tergantung banyak faktor. Tapi tak ada salahnya membuka komparasi murni hanya dari harganya saja. Honda Accord hanya ada satu varian, 2.4L VTi-L yang dibanderol Rp 641 juta. Sementara Toyota Camry ada dua varian 2.5 G dan V. Camry 2.5 G dilabeli harga Rp 581,3 juta dan Rp 609,1 juta untuk varian atas V.

www.toyotautama.com



Dari situ sudah bisa dilihat kalau Accord lebih mahal. Bahkan dibandingkan Camry varian atas sekalipun, masih ada diferensiasi sekitar Rp 30 juta. Apalagi, dari data yang ada, spesifikasi keduanya tidak jauh perbedaannya. Accord dan Camry menawarkan fitur dan kelengkapan yang bisa memanjakan penumpang di belakang maupun pengemudinya.

PERFORMA
Accord menggendong mesin bensin 4-silinder 2.4 liter yang menghasilkan tenaga 176 PS pada 6.200 rpm dan torsi puncak 225 Nm pada 4.000 rpm. Sedang Camry didukung mesin 4-silinder 2.5 liter VVT-i berdaya 181 PS pada 6.000 rpm dan torsi 228 Nm pada 4.000 rpm.

Hanya sedikit perbedaannya, tapi Camry lebih unggul dari kapasitas mesin dan tenaga serta torsi lebih besar. Keduanya sama-sama menggunakan transmisi otomatis konvensional, tetapi milik Camry sudah 6-speed.

www.toyotautama.com


Dari masa ke masa, Accord kerap dikenal lebih sporty sementara Camry mengedepankan kenyamanan. Namun pada generasi yang ada sekarang, performa Camry mulai menunjukkan kadar sporty yang lebih tinggi sehingga tak hanya untuk mobil dengan sopir, Camry menyenangkan untuk dikendarai pribadi.

DIMENSI
Accord berdimensi panjang 4.870 mm, lebar 1.850 mm dan 1.465 mm untuk tingginya. Sedang jarak antar-poros rodanya 2.275 mm. Untuk Camry memiliki panjang 4.850 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.470 mm, serta jarak sumbu roda 2.775 mm. Secara keseluruhan dimensi Accord melebihi Camry. Namun jarak poros roda Camry lebih panjang, yang biasanya mempengaruhi kelegaan dari ruang kabin serta kestabilan dan kenyamanan saat berakselerasi kencang di jalan lurus.

www.toyotautama.com


INTERIOR
Soal interior bisa dikatakan seimbang antar keduanya. Kemewahan kabinnya tak jauh berbeda. Jok nyaman berbalut kulit, panel-panel kayu pada beberapa bagian, pengaturan jok elektrik, sampai infotainment multifungsi dengan layar sentuh yang bisa mengakses sistem navigasi dan menampilkan layar smartphone melalui Mirrorlink atau MiraCast. Hanya saja dimensi layar Camry lebih besar, 8 inci, sementara Accord hanya 7,5 inci.

www.toyotautama.com


SAFETY
Fitur keselamatan standar wajib sudah ada semua, baik di Accord maupun Camry. Kantung udara sudah lengkap, mulai dari kabin depan sampai dengan sisi samping dan curtain sampai ke jendela belakang. Sistem rem juga sudah didukung ABS, EBD dan BA. Serta sudah tersedia VSC/VSA pada masing-masing kontestan. Meskipun Camry sudah ada sensor di sudut mobil, Accord dilengkapi lane watch yakni kamera di bawah spion yang merekam sudut mati atau blindspot dan menampilkannya pada i-MID.

www.toyotautama.com


KESIMPULAN

www.toyotautama.com

 Meski persaingannya ketat, dengan fitur yang hampir sama keduanya, pemenangnya harus dipilih. Sederhana karena ada sejumlah hal dasar yang dilihat mayoritas orang saat memilih mobil, apalagi kalau fiturnya tak signifikan bedanya. Ya, jawabannya ada di harga. Toyota Camry unggul dengan harga yang lebih murah namun tetap menawarkan fitur dan performa yang jempolan.

Kalau mau membandingkan dari segi penjualan. Camry juga lebih unggul. Menurut data Gaikindo terhitung pada 2017, sampai bulan Mei Toyota Camry terjual 597 unit (termasuk model Camry hybrid). Di waktu yang sama, Accord membukukan penjualan total 221 unit. Mengesampingkan komparasi, kedua mobil merupakan pilihan sedan berkualitas, baik untuk dikendarai sendiri maupun menggunakan sopir atau sebagai penumpang di bangku belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar