Minggu, 23 Juli 2017

Toyota Agya 1.2 Baru atau Avanza 1.3 Bekas?

Toyota memang merek mobil paling populer di tanah air. Keberadaannya sudah mengakar dan berjaring ke seluruh nusantara, plus tebalnya portfolio model, membuat merek ini tak pernah turun dari puncak penjualan mobil. Dan salah satu model teranyar yang disegarkan, Agya.

Model dari kelas Low Cost Green Car ini, mendapat mesin baru yang diadaptasi dari saudaranya, Calya. Bermodal mesin itu, harga Agya pun terdongkrak. Bahkan saking mahalnya, ia selevel dengan Toyota Avanza 1.3 dalam kondisi bekas.

Kami menemukan pasaran  harga Avanza bermesin 1.300 cc yang dijual para pedagang mobkas berkisar Rp 100-170 juta. Harga ini sangat bergantung tahun produksi dan kondisi mobil. Melihat nominal itu, tentu para pembeli Agya yang kini berharga Rp 136-151 juta (1.2L) bisa menimbang kembali : Apakah meminang mobil LCGC 5-seater dalam kondisi baru atau Low MPV 7-seater dalam kondisi bekas. Berikut dipaparkan point menarik dalam memilihnya.

www.toyotautama.com
Toyota Agya


Toyota Agya 1.2
Plus
Jangan pungkiri bahwa mobil ini adalah mobil baru. Dengan banderol mulai Rp 136 jutaan, Anda sudah bisa memiliki mobil Toyota dengan mesin 1.2 liter. Bukan Cuma itu, lantaran dalam kondisi baru, Anda dibebaskan dari rasa pusing untuk membenahi kerusakan dari pemilik sebelumnya yang kerap dihadapi para pembeli mobkas. Garansi resmi juga tentunya masih tersedia selama beberapa tahun ke depan untuk LCGC ini.

www.toyotautama.com
Toyota Agya


Minus
Fakta bahwa mobil ini hanya muat 5 orang, tentu nilai minus dibanding Avanza yang muat lebih banyak. Tak Cuma itu, lantaran memang dikomposisikan sebagai city car, kelapangan kabinnya pun amat jauh dibanding Low MPV sejuta umat. Meski sudah mendapat mesin 1.2 liter pun, Agya hanya mampu memproduksi tenaga 87 PS. Diferensiasinya memang tak jauh, hanya 4 PS dengan Avanza 1.3 yang mesinnya bisa menghasilkan hingga 91 PS.




Toyota Avanza 1.3

www.toyotautama.com
Toyota Avanza

Plus
Muat banyak, tentu saja! Soalnya mobil ini memang dirancang sebagai MPV, meski masih dalam komposisi entry level. Dengan body seperti itu, mobil ini lebih multifungsi untuk menyokong banyak penumpang maupun mengangkut barang. Belum lagi kabinnya yang lapang, ia pun diberikan AC double blower, penumpang hingga baris paling belakang pun bisa menikmati sejuknya suhu.

www.toyotautama.com
Toyota Avanza 1.3


Minus
Dalam kondisi bekas, tentu ada perhatian khusus yang perlu diberikan. Berdasarkan pencarian kami, Avanza 1.3 dengan level harga 100 juta yang bisa didapat adalah Low MPV produksi 2008. Dengan kiprahnya 9 tahun di jalan raya, tentu banyak problema yang bisa mendera. Kecuali Anda beruntung mendapatkan mobil lawas dengan jarak tempuh rendah. Permasalahan pada kaki-kaki, hingga mesin rata-rata mudah menyerang di level mobkas di atas 5 tahun. Kecuali Anda gemar mengoprek, maka sebaiknya pertimbangkan kembali faktor ini.

www.toyotautama.com
Toyota Avanza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar