Kamis, 15 Juni 2017

Seputar Info Mudik 2017, Wajib Baca Sebelum Berangkat

www.toyotautama.com
Kemacetan sudah menjadi rutinitas masyarakat saat mudik ke kampung halaman

Mudik Tahun Ini Akan Lebih Baik dari Tahun Lalu, Kapolri Optimis.

Direktorat Jenderal Perhubungan bersama Kepolisian Republik Indonesia, melakukan peninjauan persiapan jalur mudik 2017, Rabu (7/6/2017). Rangkaian ini dilakukan untuk memastikan sarana serta prasarana dalam menghadapi puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada 23 dan 24 Juni 2017.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Tito Karnavian, mengatakan bahwa mudik tahun ini akan lebih baik dengan adanya pembangunan yang hampir selesai dibeberapa titik rawan.

"Dari tadi pagi sampai sore ini kami sudah melaksanakan pengecekan. Dari hasil diskusi dan pengamatan langsung, tahun ini arus mudik akan jauh lebih baik karena percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Presiden," ucap Tito dalam konferensi singkatnya di Cikopo, Jawa Barat, Rabu (7/6/2017).

www.toyotautama.com
Kapolri Tito Karnavian tinjau kesiapan arus mudik 2017


Masalah kemacetan di pintu keluar Brebes Timur yang tahun lalu menjadi momok seram bagi pemudik, menurut Tito sudah bisa teratasi. Salah satunya dengan tambahan tol baru yang akan dibuka hingga Geringsing.

"Sekarang sudah tidak terpusat pada Berebes Timur, pemudik yang mau menuju Jawa Tengah seperti Semarang bisa langsung lurus hingga Geringsing. Tol tersebut panjangnya sekitar 110 km dan cuma 40 km lagi sampai Semarang, dengan begitu kemacetan tahun lalu sudah bisa kita urai," papar Tito.

Tidak hanya itu, untuk mengantisipasi kemacetan di jalan tol pihak Kementerian Perhubungan juga akan menerbitkan larangan jalan untuk kendaraan berat. Sehingga mulai tujuh hari sebelum mudik semua kendaraan berat tidak akan melewati tol.

www.toyotautama.com
Foto dari udara suasana simpang susun Jalan Tol Pejagan-Pemalang ruas Pejagan-Brebes Timur
 
"Salah satu upaya kita mengurangi kemacetan kita berikan larangan atau membatasi operasi untuk angkutan barang dua sumbu sejak H-4 sampai H+4. Sedangkan untuk kategori kendaraan berat, seperti angkutan pasir, galian, dan lain-lain tidak akan beroperasi sejak H-7 sampai H+7, itu semua demi kelancaran dan keamanan para pemudik sehingga tidak terganggu," kata Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto pada kesempatan yang sama.

Hasil Dari Tinjauan Mudik Dirjen Perhubungan Darat

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto, memaparkan hasil dari peninjauan kesiapan menyambut arus mudik Lebaran 2017 di tiga lokasi, yakni Pemalang, Brebes Timur (Brexit), dan Cikopo, Rabu (7/6/2017). Selama satu hari pemantauan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian penting.

www.toyotautama.com
Pemantauan persiapan mudik Ditjen Perhubungan Darat bersama Kapolri
 
"Bersama Kapolri tadi kita sama-sama melakukan peninjauan dan ada tiga hal yang menjadi catatan untuk benar-benar disiapkan," kata Pudji saat berbincang dengan media di jembatan timbang Balong Gandu, Cikampek, Jawa Barat, Rabu (7/6/2017).

Ketiga hal tersebut terdiri dari masalah kesiapan para petugas di lapangan, terkait masalah pengendalian rekayasa dan manajeman lalu lintas. Sedangkan catatan yang ketiga mengenai masalah kesiapan tol baru yang menuju Semarang.

Untuk tol baru, menurut Pudji akan menjadi solusi mengurai kemacetan yang tahun lalu menjadi petaka di Brexit, karena dengan difungsikannya tol tersebut bisa membuat konsentrasi penumpukan lebih minim.

Namun hal tersebut bukan menjadi hal utama, karena pemantauan pengaturan lalu lintas akan tetap dilakukan dari simpang Cikopi ke arah Panturan, artinya bila sudah terjadi kepadatan dari Cikopo maka akan ada pengalihan arus yang dilakukan oleh petugas.

Adanya tol baru membuat pihak Kemenhub dan berbagai instansi terkait melakukan persiapan ekstra, hal ini yang menjadi peringatan khusus yang diberikan Kepala Kepolisian (Kapolri) Negara Republik Indonesia Tito Karnavian. Menurut Pudji, Kapolri meminta persiapan yang lebih matang mengenai masalah fasilitas.

www.toyotautama.com
Kemacetan di ruas tol Pejagan


"Selain rest area dan toilet, kita juga akan membuat posko-posko yang sifatnya lebih komprehensif. Jadi nanti akan ada posko kesehatan, posko keamanan dari Kemenhub dan TNI, posko BBM, dan bengkel. Kapolri meminta para ATPM menyediakan bengkel yang sifatnya mobile dan emergency, termasuk kesehatan dan BBM, ini sangat bagus, karena tahun lalu tidak ada, baru tahun ini," papat Pudji.

Dengan adanya posko yang sifatnya mobile akan bisa menjangkau lebih mudah bila ada pemudik yang mengalami masalah. Baik dengan kendaraan, kehabisan BBM, termasuk dari fisik dan kesehatan.

Jangan Terlena dengan Akses Tol Baru

Meski beberapa tol baru di lintas Jawa sudah bisa difungsikan, namun pihak Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) menghimbau untuk tidak fokus pada jalur tersebut. Hal ini dianggap bisa menjadi strategi para pemudik untuk terhindar dari jebakan kemancetan.


Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) Pandu Yunianto, menjelaskan bila semua melewati jalur baru hasilnya akan terjadi kenaikan volume dalam sekala masif, karena itu tidak ada salahnya bila sebagian mengambil jalur arteri.

"Kita belajar dari tahun lalu saja mengenai Brebes Timur (Brexit). Waktu itu banyak yang tergoda bisa lebih capat, jadi semua lewat sana, akhirnya terjadi penumpukan karena semua mau cepat dan lewat sana, dan tidak bisa dihindari," kata Pandu di Cikopo, Jawa Barat, Rabu (7/6/2017).

Menurut Pandu, meski sudah bisa dilalui namun sifatnya fungsional, artinya hanya untuk mobil kecil. Sedangkan yang perlu menjadi catatan adalah kesiapan mengenai fasilitas yang sepenuhnya belum memadai.

www.toyotautama.com
Kemacetan di ruas tol Pejagan mengular hingga 18 kilometer
"Beberapa bisa dilalui mobil kecil, tapi yang perlu diingat fasilitas belum 100 persen. Menurut saya akan lebih baik sebagian memilih jalur arteri karena akan lebih menguntungan. Saat terjadi kemacetan, mereka tidak susah cari rumah makan, tempat istirahat, dan SPBU" ucap Pandu.

Beberapa ruas jalan arteri di Selatan dan Tengah saat ini juga sedang dikebut pembangunananya, terutama pada fly over untuk melintasi jalur kereta api. Dari hasil peninjauan yang dilakukan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Tito Karnavian, hasilnya sudah hampi selesai.

www.toyotautama.com
Presiden Jokowi mengontrol proyek jalan tol Batang - Semarang
 
"Ada pembangunan fly over, tapi tiga diantaranya sudah bisa dipastikan selesai pekan depan, untuk yang satu lagi akan dibuatkan jembatan belly sebagai penghubung sementara. Intinya, dengan pembangunan jalan layang itu kini waktu tempuh akan lebih cepat, karena tidak harus macet menunggu kereta yang lewat," ujar Tito di waktu yang sama.

www.toyotautama.com
Proyek jalan layang Dermoleng

Jumlah Pemudik dari Jabodetabek Naik Signifikan 

Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) memprediksi musim mudik 2017 akan jauh lebih padat dibandingkan tahun 2016. Peningkatan ini dipicu dari jumlah penjualan sepeda motor dan mobil yang tiap tahun mengalami perkembangan.

www.toyotautama.com
Rombongan penudik bermotor tahun lalu


Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) Pandu Yunianto, mengatakan kenaikan untuk motor dan mobil masing-masing berada di atas 10 persen lebih.

"Kita bicara kendaraan yang keluar dari Jabodetabek, tahun ini jumlahnya akan meningkat. Motor itu naik menjadi 15,42 persen, kalau mobil 12,01 persen," ucap Pandu.

Menurut Pandu, secara angka untuk sepeda motor pada 2016 lalu jumlahnya mencapai 4,6 juta, dan musim ini diperkirakan mencapai 5,3 juta yang keluar mudik dari Jabodetabek. Sedangkan untuk mobil, dari sebelumnya 3,04 juta akan menjadi 3.41 juta.

www.toyotautama.com
Macet di Tol Kanci - Pejagan - Brebes
 
Untuk mengantisipasi kemacetan panjang, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Tito Karnavian, menyarankan masyarkat tidak melakukan mudik secara bersamaan.

"Meski belum ditetapkan, tapi Lebaran kali ini diprediksi jatuh pada hari Minggu dan Senin (25-26/6/2017). Kemungkinan puncak arus balik itu jatuh pada 23 dan 24 Juni, jadi tolong diantisipasi, jangan sampai berbarengan. Anak sekolah sudah mulai libur sejak 19 Juni, jadi bagi yang bisa berangkat lebih dulu itu lebih baik," ucap Tito dikesempatan yang sama.

Tiga Titik Kemacetan Mudik Menurut Pantauan Polri

 Kepala Kepolisian ( Kapolri) Negara Republik Indonesia Tito Karnavian, bersama Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto, memprediksi akan timbul daerah kemacetan baru pasca difungsionalkannya tol menuju Semarang. Hasil ini didapat dari tinjuan lapangan yang dilakukan pada hari Rabu, (7/6/2017).

www.toyotautama.com
Kemacetan di Nagreg

 Kepadatan di tiga titik tersebut terdiri dari tiga pintu tol, yakni Kaligangsa (Brebes Timur), Pejagan, dan juga Grinsing (Batang).

"Kemungkinan akan bergeser, tahun lalu pintu keluar Brebes Timur, tahun ini yang yang harus diwaspadai di tiga titik tadi," ucap Tito di Cikopo, Jawa Barat, Rabu (7/6/2017).

Prediksi kemacetan Gringsing karena lokasi tersebut akan menjadi akses para pemudik yang akan meneruskan ke Semarang atau daerah lainnya di Jawa Tengah. Namun, diperkirakan hal tersebut tidak separah di Brebes Timur seperti tahun lalu.

Untuk pintu tol Pejagan, kemacetan diperkirakan akibat simpul keluar rombongan pemudik menunju jalur Selatan. Namun untuk mencegah hal tersebut akan diatur dari Tol Cikopo.

"Jawa Barat itu seperti keran air di musim mudik. Arus dari Jakarta akan lebih banyak, karena itu kami himbau kesiapan untuk mengatur dan menerapkan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan," ujar Tito.

Untuk jalur Kaligangsa yang akan menjadi pintu masuk menuju Gringsing juga berpotensi terjadi kemacetan. Tapi Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, mengatakan pihaknya sudah melakukan kordinasi untuk mengoptimalkan jalur tersebut, salah satunya dengan mengalihkan jalur bus ke Brebes Timur.

"Brebes Timur memang tetap akan mengalami kepadatan, karena ada bottleneck yang menunju Gringsing. Kami sudah kordinasi, mulai dari mengalihkan bus penumpang ke Brebes Barat, sampai menyiapkan posko siaga," ucap Pudji dikesempatan yang sama.

Arus Balik

www.toyotautama.com
Para pemudik memadati arus balik
 
 Selain melihat kesiapan menyambut rombongan arus mudik, Kepolisian dan Kementerian Perhubungan juga menginfokan mengenai prediksi arus balk. Titik kemacetan utama untuk arus balik menuju Jakarta ada di Jawa Barat, lebih tepatnya di Nagrek dan tol Cikampek.

"Nagrek akan menjadi lokasi kamacetan arus balik ke Jakarta. Saya minta tolong untuk dikordinasikan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat agar bisa mensterilkan kawasan di sana dari pasar tumpah, dan lainnya yang menyebabkan perlambatan. Untuk Cikampek, Kementerian Perhubungan dengan polisi, dan Jasa Marga akan memberlakukan contraflow, khususnya di KM 66, karena itu jadi titik pertemuan dari arah Cikampek dan Selatan," papar Tito.

15 Strategi Penanganan Mudik

Selain meyiapkan fasilitas dan keamanan, Kementerian Perhubungan (Kemnhub) dan kepolisian juga mengantongi 15 langkah antisipasi kemacetan di musim mudik 2017. Strategi ini akan diterapkan untuk mencegah terjadinya penumpukan volume kendaraan, khususnya di dalam tol.


Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Pandu Yunianto, menjelaskan bahwa strategi kemacetan yang diterapkan merupakan upaya mengurai kemacetan sehingga tidak terjadi penumpukan di satu titik.

"Sifat dari penerapan antisipasi itu situasional. Kita mantau bagaimana situasi traffic di jalan tol, melihat berapa derasnya kendaraan yang masuk di pintu-pintu tol dan titik-titik pertemuannya di mana saja," ucap Pandu.

Menurut Pandu, skenario antisipasi akan dilakukan bila terjadi perlambatan yang mengarah pada penumpukan. Hal ini merupakan bagian dari rekayasa lalu lintas yang memiliki fungsi memberikan kelancaran lalu lintas.

www.toyotautama.com
Sistem buka tutup di daerah Puncak

 Berikut 15 rekaysa lalu lintas yang bakal diterapkan hasil kerjasama Kemenhub, Polri, Dinas Kesehatan, Jasa Marga, dan Pertamina:
  1. Pengendalian lalu lintas dengan cara buka tutup jalan tol.
  2. Penyuapan variable message sign (VMS) di lokasi strategis dalam upaya pemberian informasi untuk pemudik mengenai situasi lalu lintas.
  3. Kordinasi operato tol dengan Polri mengenai masalah kepadatan di Cikaran Utama yang menjadi keran kendaraan arus mudik.
  4. Untuk darurat, pihak operator jalan tol menyiapkan fasilitas u-turn di beberapa titik sebelum pintu kelua.
  5. Untuk darurat, dinas kesehatan diminta menyiapkan fasilitas ambulance dan tenaga medis di pintu keluar tol.
  6. untuk darurat, pihak operator jalan tol menyiapkan call center khusus informasi bantuan penanganan kesehatan.
  7. Peningkatakn kerja sama tenaga kesehatan dan petugas kepolisian dalam percepatan bantuan penanganan kesehatan di daerah rawan macet.
  8. Operator tol diharapkan mengatur dan mengendalikan pengguna rest area secara bergantian dengan sistem pengaturan waktu istirahat serta penambahan fasilitas toilet.
  9. Dirlantas Polda setempat untuk menempatkan petugas di lokasi wisata. 
  10. Kemenhub menerbitkan pembatasan operasi mobil barang dengan tiga sumbu atau lebih di kalan tol dan sosialisasi lebih awal,
  11. Dishub membantu petugas Polri dengan menempatkan personil di lokasi rawan macet untuk cegah contraflow.
  12. Dishub melakukan pengecekan waktu siklus traffic light di jalan-jalan utama
  13. PT Pertamina menyiagakan pelayanan BBM mobile di rest area dan lokasi rawan macet.
  14. Polri (Korlantas) melakukan pengaturan atau pembagian arus lalu lintas tepat dan cepat serta terkoordinasi.
  15. Penerapan contraflow hanya dilaksanakan pada siang haru dengan menggunakan water barrier.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar