Minggu, 10 Desember 2017

Telisik Keunikan Yaris Heykers

Dealer Toyota Bandung
Yaris Heykers

Kalau Anda sedang mencari mobil hatchback yang tidak biasa, Toyota Yaris Heykers mungkin bisa jadi pilihan. Mobil ini memang berbasis Yaris S TRD, tapi memiliki beberapa kelebihan yang tidak dipunyai kompetitornya. Beberapa yang skeptis, mungkin bilang ini Yaris yang ditinggikan. Padahal sebetulnya ada hal yang membuatnya menonjol.

Pertama, Yaris Heykers karya asli desainer Indonesia, yang disetujui prinsipal Toyota di Jepang. Prosesnya panjang sebelum akhirnya mobil ini disetujui, diuji di lahan pengujian Toyota Jepang, dan akhirnya dirakit di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Hal kedua, desain tentunya. Mengambil basis Toyota Yaris S TRD, secara sepintas pun Anda langsung tahu ini Toyota Yaris Heykers. Over fender, roof rail, body molding, dan perawakannya yang lebih tinggi menjadikannya berbeda dibanding Yaris yang lain. Jika diperhatikan lebih lekat, rumah fog lamp juga terlihat berbeda, plus bemper belakang yang khusus dibuat untuk Heykers. Bemper ini disebut Rear Cross bumper oleh TAM. Pendek kata, perubahan ini membuat Yaris lebih macho.

Dealer Toyota Bandung
Yaris Heykers


Di bagian kaki, Heykers juga punya pelek yang berbeda, meski ukurannya sama 16 inci. Namun dimensi bannya sedikit berbeda karena Heykers menggunakan ban 195/55 (vs 195/50). Ini juga (plus suspensi baru) yang menyebabkan mobil ini terlihat tinggi. Ban yang lebih tebal membuat pengendaraan lebih senyap.

Ketiga suspensi. Meski konstruksinya masih MacPherson Strut di depan dan batang torsi di belakang, Yaris Heykers menggunakan komponen suspensi yang dibuat TRD (Toyota Racing Development), seperti Shock absorber dan per keong. Anda pasti langsung tahu itu buatan TRD karena mengusung warna khasnya, merah. Plus logo TRD tentunya.

Berdasarkan pengalaman kami, penggantian komponen ini, sepertinya bushing di beberapa titik juga ikut disesuaikan. Itu membuat Heykers lebih meyakinkan saat bermanuver, atau melaju kencang di jalan lurus. Gejala limbung memang ada karena mobil ini lebih tinggi, tapi mobil ini mampu mengakomodir perintah yang disalurkan melalui kemudi dengan baik.

Dealer Toyota Bandung
Toyota Yaris Heykers

Meski saat berjalan pelan, di kompleks perumahan contohnya, mobil terasa keras. Tapi kami tidak keberatan dengan kerasnya suspensi itu, toh saat melaju mampu menopang mobil dengan baik.
Fitur keselamatan tidak berbeda. Ada dua airbag di depan, rem dengan ABS, BA (brake assist), dan EBD (Electronic Brake force Distribution), yang membagi daya pengereman di antara roda, sesuai kondisi dan kebutuhan.

Soal mesin, menggunakan jantung mekanis 2NR-FE berkapasitas 1,5 liter, tenaganya mencapai 107 PS. Cukup untuk mobil yang digunakan sehari-hari. Transmisi CVT juga bekerja dengan halus untuk menyalurkan daya ke roda depan.

Untuk Anda yang ingin tampil beda, Yaris Heykers memang bisa jadi kandidat utama. Pengendaraannya nyaman dan meyakinkan di kecepatan tinggi. Fitur lumayan lengkap, baik untuk hiburan ataupun keselamatan. Yaris Heykers tersedia di dealer toyota bandung, Toyota Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar