Toyota Yaris |
Di Indonesia, karirnya dimulai oleh Yaris generasi kedua. Versi hatchback dari Vios menggunakan platform dan mesin sama. Sekarang yang dipasarkan generasi ketiga. Tahun lalu mendapat ubahan lagi dari sektor mekanis. Bila Anda sedang menimbang untuk membeli, simak beberapa hal mengenai mobil ini.
Jumlah Varian
Ada 4 varian utama Yaris Terbaru yang masing-masing dibagi lagi berdasarkan pilihan transmisi; E, G, TRD Sportivo dan TRD Sportivo Heykers.
Harga Toyota Yaris tipe E sebagai varian termurah, Rp 232,4 juta untuk M/T dan Rp 244,2 juta untuk CVT. Tipe G M/T Rp 240,7 juta dan CVT Rp 251,7 juta. TRD Sportivo M/T dibanderol Rp 262,6 juta dan CVT Rp 274,4 juta. Dari harga sangat bersaing dengan Honda Jazz sebagai rival terdekat, tapi unggul berkat jumlah pilihan varian.
Yaris Heykers
Masih ada satu varian yaitu Heykers. Inilah versi upgrade Yaris TRD Sportivo agar tampil lebih gagah bak crossover. Menduduki strata tertinggi di lini Yaris, sama seperti nama Veloz di Avanza dan Venturer di Innova.
Beragam aksesoris penunjang tampilan kokoh ditambahkan di bagian eksterior. Tapi bagian paling berbeda berada di sektor suspensi. Toyota memasangkan per dan shock absorber racikan TRD (Toyota Racing Development) yang lebih panjang, sehingga meninggikan ground clearance menjadi 184 mm.
Pelek besar dan ban profil tebal turut menjulangkan posturnya 35 mm dari versi standar. Racikan suspensi ini lebih nyaman dan cocok untuk beragam kontur jalan di sini. Harga untuk Heykers M/T Rp 269,6 juta dan CVT Rp 281,4 juta.
Yaris Versi Asia
Yaris bukan produk global yang modelnya sama di setiap negara. Bahkan versi Indonesia dengan versi Jepang sangatlah berbeda. Yaris lokal yang juga dirakit di Karawang ini, memiliki kode XP150 dan berbasiskan Toyota Vios NCP150. Penyebarannya termasuk pasar Cina, Thailand, Singapura, Taiwan, Vietnam, Filipina dan Indonesia. Toyota Yaris versi Jepang atau lebih dikenal Vitz, sama seperti di Eropa dan pasar Amerika.
Mesin Baru
September tahun lalu, Toyota Indonesia mengganti mesin dan transmisi milik Yaris. Mesin lama 1NZ-FE dipensiunkan berganti mesin baru 2NR-FE. Inilah jajaran mesin baru yang dirakit di Karawang, untuk dipakai juga oleh Avanza Veloz, Sienta dan Vios.
Tetap dengan konfigurasi 4-silinder dan kapasitas 1,5-liter, output dihasilkan 107 PS dan 140 Nm sedikit di bawah mesin lama (109 PS dan 141 Nm). Keandalannya pun belum cukup terbukti. Tidak seperti mesin 1NZ-FE yang debut di Vios generasi pertama 2003 silam. Kekuatannya dibuktikan melalui armada taksi selain kencang dan juga irit.
Transmisi CVT Baru
Transmisi turut mengalami ubahan mengikuti tren yang tengah berkembang. Otomatis konvensional torque converter 4-percepatan berganti Continuously Variable Transmission (CVT) yang sudah banyak dipakai model Toyota lain.
Transmisi ini lebih efektif dan efisien dalam menyalurkan tenaga. Tapi memberi sensasi berkendara hambar karena karakter CVT yang sangat halus. Tersedia sequential shift untuk mode perpindahan manual. Sangat berguna saat ingin menyalip atau menemui tanjakan dan turunan curam.
Dealer Toyota Bandung, Toyota Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar